My Blog List

Tuesday, 9 December 2014

RPP K 13 KELAS I AL AHAD SDIT AL-HIJRAH MEDAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 50

Satuan Pendidikan          :      SDIT Al Hijrah 2
Kelas/Semester                 :      I/I
Tema                                 :      Kegiatanku
Sub Tema                         :      1 Kegiatan Pagi Hari
Pertemuan ke                   :     43
Hari/Tgl                            :      Rabu, 05 November 2014
Waktu                               :      1 x pertemuan

A.      Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
       MATEMATIKA
4.4              Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
4.4.1        Memahami pengurangan bilangan 1-10

       PJOK
4.4              Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
4.4.1        Bermain “Kambing dan Harimau”
C.      TujuanPembelajaran
1.      Siswa dapat memahami pengurangan bilangan 1-10
2.      Siswa dapat menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan “Kambing dan Harimau”
3.      Siswa dapat mengetahui manfaat permainan “Kambing da Harimau” bagi tubuh
D.      Materi Ajar
1.      Pengurangan bilangan 1-10
2.      Bermain “Kambing dan Harimau”
E.       Alokasi Waktu
1 x pertemuan
F.       Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan  :  Saintifik (Scientific).
Metode        :  Ceramah, Demonstrasi dan Tanya jawab, Penugasan
G.      Sumber Dan Media Pembelajaran
1.      Pembelajaran 1 tema kegiatanku
Sub tema Kegiatan pagi hari
2.      Buku Tematik, Terpadu Kurikulum 2013
3.      Poster (gambar mainan, bunga dan buah-buahan)
H.      KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
·   Guru mengucapkan salam
·   Guru mengajak siswa membaca basmallah bersama-sama untuk memulakan pelajaran
·   Guru bersama siswa melakukan ice breaking “tepuk semangat, bernyanyi”.
·   Guru mengabsen kehadiran siswa
1 x
pertemuan
Inti

·         Guru menjelaskan cara pengurangan yang tepat
·         Guru menjelaskan pengurangan sama dengan pengambilan
·         Guru menjelaskan cara pengurangan menggunakan urutan bilangan
·         Guru membuat contoh pengurangan di papan tulis dengan menggunakan media poster/gambar mainan, bunga dan buah-buahan
·         Guru membuat tebakan secara lisan tentang pengurangan melalui sebuah cerita
·         Lalu siswa berlomba untuk menebak jawabannya
·         Guru memberikan kesempatan waktu untuk siswa mengerjakan soal tentang pengurangan di hal 27
·         Guru mengajak siswa bermain “Kambing dan Harimau”
·         Guru menjelaskan langkah-langkah permainan
·         Siswa melakukan permainan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh guru
·         Kemudian guru memperhatikan dan menuntun siswa yang sedang bermain

Penutup
·  Guru bersama dengan siswa menyimpulkan pelajaran
·  Guru memberi penilaian dari kegiatan hari ini
·  Guru memberi pesan moral kepada siswa tentang kegiatan hari ini
·  Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam


I.         Penilaian.
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, bermain “Kambing dan Harimau”
b.      Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis dan lisan
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Sikap
Rasa Ingin Tahu
Percaya Diri
Bermain Kambing dan Harimau
Belum Tampak
Tampak

Menonjol

Belum Tampak
Tampak
Menonjol
Belum Tampak
Tampak

Menonjol

1










2










3










4










5










b.      Penilaian Pengetahuan
Tes lisan
1.    Dengarkan ustadzah, ustadzah akan bercerita, coba didengarkar dan dijawab dengan tepat!
Pada hari minggu, Dita dan keluarganya liburan ketaman bunga yang sangat luas, sesampai disana Dita memandang dari kejauhan. Dita melihat begitu banyak macam bunga-bunga, ada bunga mawar, bungar melati, bunga ros dan banyak lagi. Dita menghitung jumlah bunga mawar dalam satu pot, dan jumlahnya ada 8. Lalu dita mengambil 6 bunga dari pot tersebut. Nah, berapa lagikah bunga yang tinggal di dalam pot?
Tes tertulis
Ketentuan penilaian : Nilai =  x 100
Skor perolehan 4
Skor maksimal 4 sesuai dengan jumlah soal
1.    Kurangkan dan isilah pada kotak-kotak yang telah tersedia















Diketahui,                                                                                          Laut Dendang, 05 Nov 2014
Waka. Kurikulum                    Guru Kelas,                                         Mahasiswa PPL II
                                                          

Lisnawati Pohan, S.Pd.I         Laili Murni Pohan, S.Pd                          Pinta Rizki Harahap
(NIM : 36114026)

No comments:

Post a Comment